Uncategorized
Transformasi Mahasiswa Universitas Mataram Bersama Online Digital Platform pada Masa Pandemi COVID-19

Transformasi Mahasiswa Universitas Mataram Bersama Online Digital Platform pada Masa Pandemi COVID-19

Penulis : Dewi Wahyuni (sebagai Juara 2 Lomba Menulis Opini BEM FATEPA UNRAM)

(Sumber gambar : Lombok Pos)

Indonesia kini tengah berjuang melawan pandemi Covid-19. Pemerintah Indonesia terus berusaha untuk memutus rantai persebaran Covid-19 dengan berbagai kebijakan seperti PSBB (pembatasan social berskala besar), social distancing, physical distancing, work from home serta study from home. Oleh karena itu, aktivitas pembelajaran dilaksanakan secara daring dengan berbagai platform yang memanfaatkan jaringan internet. Universitas Mataram merupakan salah satu universitas di NTB yang menerapkan sistem perkuliahan secara daring (online). Selama satu semester, mahasiswa Universitas Mataram telah melaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang mengeliminasi jarak dan waktu dengan bantuan platform digital berbasis internet sehinggga mendukung proses pembelajaran dan dilakukan tanpa adanya interaksi secara fisik (Putra dan Irwansyah, 2020). Dosen dan mahasiswa dituntut untuk bisa menggunakan platform digital secara efektif. Platform digital merupakan wadah yang digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas secara online termasuk system pembelajaran. Hal ini semakin melibatkan seluruh lapisan masyarakat termasuk mahasiswa agar melek teknologi serta menumbuhkan peran kreativitas mahasiswa dan pihak Universitas Mataram untuk mengadakan berbagai kegiatan mulai dari perkuliahan, lomba-lomba, seminar, maupun rapat secara daring dengan platform yang tersedia seperti WA group, Zoom, Google meet, e-mail, Moodle, dan lain-lain. Dalam hal ini, mahasiswa yang biasanya mengikuti lomba yang bersifat laring (offline) dituntut untuk lebih kreatif baik dalam pembuatan video lomba maupun dalam presentasi secara online. Berikut adalah presentase platform digital yang digunakan di Universitas Mataram:

(Sumber gambar : jurnal Universitas Mataram)

Permasalahan yang muncul akibat kegiatan daring adalah terbatasnya pengaksesan internet oleh mahasiswa. Oleh Karena hal ini, Universitas Mataram melakukan pendistribusian kuota untuk setiap mahasiswa dengan melakukan pengkonfirmasian nomor di akun SIAKAD Universitas Mataram. Nominal kuota yang diberikan beragam (10 GB- 15 GB) tergantung dari jenis kartu yang digunakan mahasiswa. Universitas Mataram juga membantu mahasiswa dengan memangkas sebagaian dari UKT yang harus dibayarkan untuk satu semester terhadap mahasiswa yang mengajukan bantuan UKT serta memenuhi berbagai persyaratannya. Nurhaeni (2020) menyebutkan bahwa COVID-19 telah membuat terjadinya perubahan yang sangat cepat dalam memberikan layanan pembelajaran kepada mahasiswa Semua harus berubah, cara mengajar, perubahan belajar serta toleransi juga harus berubah. Bahkan hingga diberlakukannya new normal system (sistem normal baru) Universitas mataram memperpanjang untuk melaksanakan kuliah daring sesuai arahan dari MENDIKBUD. PKKMB untuk tahun ini juga dilaksanakan secara daring. “Di tengah pandemi Covid-19, tidak memungkinkan kita bertatap muka secara langsung. Karena itu pembelajaran jarak jauh atau daring menjadi alternative termasuk PKKMB ini,” ungkap Prof Husni kepada TIMES Indonesia, Jum’at (7/8/2020). PKKMB Universitas Mataram dengan tema “Melalui PKKMB Masa Covid-19 Kita Wujudkan Program Merdeka Belajar dan Gerakan Revolusi Mental Menuju Tercapainya Pendidikan yang berkualitas” dilaksanakan via daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan kanal Youtube dan diikuti oleh 925 dari 983 mahasiswa yang terdata. Digital platform merupakan alternative terbaik yang dapat digunakan oleh kalangan mahasiswa dan dosen Universitas Mataram dalam berbagai kegiatan yang dilakukan secara daring.
Daftar Pustaka
Nurhaeni, I.D.A. 2020. Hasil kuisioner: pengalaman mengajar secara daring periode 16 maret sd 1 april 2020 pada dosen S1 fakultas ilmu sosial dan politik universitas sebelas maret diera krisis COVI-19. Surakarta: fakultas ilmu sosiologi dan politik sebelas maret.
Putra, R.S., & Irwansyah, I. (2020). Media komunikasi digital, efektif namun tidak efisien, studi media richness theory dalam pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi dimasa pandemi. Global komunika: Jirnal Ilmu Sosial dan Poitik, I (2), 1-13.
https://amp-timesindonesia-co-id.cdn.ampproject.org Mahasiswa Baru Universitas Mataram Ikuti PkkmB Secara Online-Times Indonesia-AMP (diakses pada sabtu, 8 agustus 2020).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *