Uncategorized
Bimbingan Skripsi Online Berbasis Website

Bimbingan Skripsi Online Berbasis Website


Penulis : Baiq Mir-Atul Kulub (sebagai Juara 1 Lomba Menulis Opini BEM FATEPA UNRAM)

Total kasus Covid-19 di Indonesia telah mencapai angka 127.083 per tanggal 10 Agustus 2020. Hal ini membuat aktivitas sosial terus dibatasi, bahkan pendidikan sebagai tirta amarta manusia juga harus dilaksanakan berbasis online demi mengurangi klaster-klaster baru yang bisa muncul pada saat proses pembelajaran di institusi formal. Salah satu institusi formal di tingkat universitas yang menggunakan media daring dalam pembelajaran adalah Universitas Mataram.
Universitas Mataram sebagai kampus terbaik di NTB juga tak lepas dari situasi pandemi yang mengharuskan para mahasiswa untuk melaksanakan sistem pembelajaran online melalui aplikasi Zoom atau Google Meet dan mempresentasikan materi melalui Power Point. Selain pembelajaran online, kegiatan lain berbasis online yang dirasakan mahasiswa semester akhir Universitas Mataram adalah bimbingan skripsi online.
Bimbingan skripsi online merupakan cara terbaik yang dapat diambil oleh para dosen dan mahasiswa semester akhir di tengah pandemi. Bimbingan online memiliki beberapa keuntungan seperti penugasan yang fleksibel, tidak perlu tatap muka bagi mahasiswa yang tinggal jauh dari kampus, dan penghematan biaya print. Namun, masalah muncul ketika kurangnya pemahaman satu sama lain antara dosen pembimbing dan mahasiswa, di mana dosen pembimbing memiliki kesibukan lain atau mahasiswa bimbingan yang terlalu banyak. Sisi yang lain, mahasiswa terkendala memahami revisi dosen karena tidak bertemu langsung untuk berdiskusi. Di pihak ketiga—yang dalam hal ini disebut administrator atau pegawai jurusan juga mengalami kesulitan karena banyaknya mahasiswa yang mengajukan skripsi secara online lewat email sehingga terjadi overload dan memungkinkan beberapa email tidak masuk. Dengan demikian, bila dilihat dari fenomena yang terjadi, bimbingan skripsi online di Universitas Mataram masih kurang efektif dan berjalan lambat.
Untuk menyiasati hal tersebut, bimbingan skripsi online berbasis website menjadi solusi alternatif di tengah pandemi. Seperti halnya sistem pembayaran UKT berbasis online melalui SIREG UNRAM atau pengajuan KRS melalui SIA UNRAM, bimbingan skripsi berbasis website juga dapat membantu mahasiswa dalam menyusun tugas akhirnya.
Sistemnya sama seperti alur pengajuan skripsi secara luring, dimulai dari pengajuan judul, pengesahan judul, penyusunan proposal, seminar proposal, penyusunan skripsi, hingga sidang skripsi. Website ini memudahkan akses mahasiswa dan dosen dalam bekerja sama menyusun skripsi, dapat menentukan jadwal konsultasi, membuat deadline tugas, juga memiliki akses live chat sehingga koordinasi dapat dilaksanakan dengan mudah.
Berkaitan dengan pembuatan website ini, terdapat kebutuhan non fungsional dari pengembangan skripsi online, yaitu: Localhust server dan database (APACHE dan MySQL), pengembangan web dengan PHP (Macromedia Dreamweaver), upload file ke hosting (FileZilla), dan modifikasi basis data (SQLYod).
Penggunaan website sebagai alternatif bimbingan skripsi yang dilaksanakan di Universitas Mataram akan mempermudah stake holder di tiap-tiap fakultas untuk me-manage alur penyusunan skripsi, seperti: mempermudah proses administrasi pengajuan skripsi, mempermudah monitoring mahasiswa, dosen memiliki data yang pasti terkait jumlah mahasiswa bimbingan, pihak jurusan atau administrasi dapat menyiapkan jadwal seminar dan sidang, adanya fitur deadline penyusunan skripsi untuk mahasiswa dan dosen, hingga pencarian data rekap mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dapat diketahui dengan data yang pasti. Dengan begitu, Universitas Mataram sebagai salah satu kampus negeri terbaik di Indonesia harus mampu mempermudah urusan mahasiswa semester akhir agar tidak terlambat dalam menyelesaikan pendidikannya melalui website bimbingan skripsi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *