Uncategorized
DIES NATALIS KE-10 FATEPA; MOMENTUM MEREFLEKSIKAN KEBUTUHAN ORMAWA

DIES NATALIS KE-10 FATEPA; MOMENTUM MEREFLEKSIKAN KEBUTUHAN ORMAWA

M Saiful Anwar (Ketua BEM FATEPA 2022)

Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri (FATEPA) merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Mataram. Fakultas yang lebih dikenal dengan nama akronimnya FATEPA dan gedung yang berwana brown (coklat) ini berawal dari pembentukan Program Studi Teknologi Pertanian yang merupakan salah satu Program Studi (PS) di UNRAM yang didirikan pada tahun 1984 kemudian menjadi PS Teknologi Hasil Pertanian (PS THP) pada tahun 1996. Secara Administratif, PS THP berada dibawah pengelolaan Jurusan budidaya pertanian Fakultas Pertanian. Singkatnya, pembukaan Fakultas Teknologi Pertanian dengan nama Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Mataram No. 1569/UN18/HK.00.01/2012 tanggal 4 Februari 2012 gedung diresmikan, sehingga tepat pada hari Jum’at, 4 Februari 2022 merupakan Dies Natalis FATEPA yang ke-10.


FATEPA merupakan fakultas yang masih terbilang baru dibandingkan dengan fakultas lainnya yang berada di Universitas Mataram, tetapi mahasiswanya sudah menorehkan beberapa prestasi baik dibidang akademik maupun non-akademik. Seperti halnya salah satu Mahasiswa FATEPA yang meraih juara 1 Nasional pada ajang National University Debating Championship (NUDC) Tahun 2021 kemarin. Selain itu, FATEPA yang merupakan fakultas baru juga memiliki sembilan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA), diantaranya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HIMATEPA), Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (HIMATETA), UKMF Fatep English Comunnity (FEC), UKMF POM Coccus, UKMF FMI Ruhul Jadiid, UKMF Kewirausaan dan UKMF Industri Seni Fatepa (FATEPA). Sembilan ORMAWA tersebut merupakan organisasi mahasiswa intra kampus yang berperan penting sebagai wadah bagi mahasiswa dalam menyalurkan potensi bakat yang ada dalam dirinya, serta wadah pembetukan karakter dan berkompeten pada bidangnya.


Kendati demikian, ORMAWA FATEPA dalam melaksanakan dan memaksimalkan perannya tentu tidak terlepas dengan support dari fakultas baik itu dana, peralatan dan yang tidak kalah penting yakni adalah sekretariat. Sekretariat merupakan pusat aktivitas dalam organisasai dan sebagai wadah dalam melayani kebutuhan data maupun seluruh informasi yang berkaitan dengan administrasi. Sekretariat merupakakan titik sentral dalam penyelenggaraan organisasi dan juga bersifat rahasia karena memuat dokumen-dokumen penting dan merupakan wadah inventaris. Maka dari itu, sekretariat semestinya terpisah antara sekretariat ORMAWA satu dengan yang lainnya, bukan malah sebaliknya. Selain itu, sekretariat juga penting kiranya berada pada posisi strategis, artinya dapat di akses dengan mudah oleh mahasiswa sehingga ruang-ruang diskusi, latihan-latihan, penyelenggaraan rapat, penerimaan tamu atau kunjungan dan pelayanan publik akan lebih maksimal.


Dengan demikian, pada momentum Dies Natalis yang ke-10 ini saya fikir momen yang tepat untuk meninjau kembali kebutuhan ORMAWA yang belum teralisasikan oleh birokrasi. ORMAWA sebagai fasilitator minat bakat mahasiswa harus mendapat dukungan fasilitas yang baik oleh briokrasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, sehingga minat bakat bisa disalurkan secara maksimal serta melalui organisasi intra kampus ini diharapkan mampu menciptakan mahasiswa berprestasi jauh lebih banyak lagi. Apabila kualitas SDM dari mahasiswa FATEPA tersalurkan bakatnya secara maksimal oleh fasilitas yang maksimal pula maka prestasi dan eksistensi dari Fakultas akan terangkat dengan sendirinya.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *